Logo Geevv

Helianti Hilman, Mengharumkan Nama Indonesia Lewat Hasil Bumi

Wednesday, 11 Jan 2017 - 18.10 WIB

Produk-produk asli Indonesia seperti rempah-rempah, kacang hijau, pisang, minyak, dan rumput laut sama sekali bukan hal asing bagi kita semua. Tapi melalui produk Javara, Helianti Hilman mempopulerkan produk Indonesia sampai ke pasar global.

Lahirnya Javara

Helianti Hilman selumnya sempat mengenyam pendidikan di Kings College University of London. Selama tinggal di Inggris, ia melihat maraknya produk-produk pertanian organik yang berkualitas. Ia pun akhirnya bertemu dengan komunitas pentane di Jawa dan Blai selama 3 bulan. Helianti terinspirasi oleh gigihnya para petani untuk mempertahankan varietas padi yang mereka tanam.

“Saya sebelumnya bekerja sebagai konsultan Bank Dunia dan UNDP pernah ditempatkan di Banglades dan Nepal. Pulang ke Indonesia saya dikenalkan teman yang kerja di FAO. Mengunjungi petani Jawa sampai Bali selama 3 bulan. Mengubah perjalan hidup saya sampai hari ini,” kata Helianti. Akhirnya, ia pun merumuskan produk Javara.

Apa itu Javara?

Javara menawarkan produk pangan yang ditanam secara organik oleh para petani di Indonesia.  Mulai dari beras, kopi, madu, rempah-rempah, kokoa, gula aren, selai, pisang, bumbu, rumput laut, dan berbagai jenis produk lainnya. Terhitung lebih dari 800 jenis produk Javara telah mencapai pasar global.

Dengan pengemasan yang menarik, Javara telah merambah ke negara Australia, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jerman, dan negara Eropa lainnya. Dengan keunikan dan kearifan lokal dari produknya, Helianti yakin produk Javara Indonesia dapat bersaing dengan produk dari negara lain.

Helianti bukan hanya menyalurkan hasil kerja keras para petani, beliau juga menceritakan kisah pembuatan produknya melalui kemasan produknya pada para konsumen agar mereka mengerti perjuangan para petani.

Pada dasarnya, ada banyak sekali potensi di sekitar kita yang jika kita olah bukan hanya bermanfaat bagi kita, tapi juga bagi orang lain, jika kita peduli dengan orang-orang di sekitar kita. Menurut kamu, apa lagi potensi Indonesia yang masih bisa dikembangkan bersama-sama?

 

Oleh: Hana Adiningsih

Sumber: Good News From Indonesia

 

Tags: , ,