Logo Geevv

Ini 6 Tipe Pemimpin, Yang Manakah Tipemu?

Monday, 02 Jan 2017 - 18.07 WIB

Di setiap organisasi maupun perusahaan, sosok pemimpin punya peran besar untuk menentukan keberhasilan organisasi secara keseluruhan. Ternyata, 30% keberhasilan perusahaan dapat ditentukan oleh gaya kepemimpinan sang manajernya. Apa saja kira-kira tipe pemimpin yang dimaksud?

  1. Pacesetting Leader

Pemimpin dengan tipe pacesetting akan meminta bawahannya melakukan  sesuatu sesuai perintahnya saat itu juga. Cara seperti ini cocok untuk memimpin kelompok yang memiliki tingkat motivasi dan kemampuan yang tinggi. Sayangnya, dengan gaya kepemimpinan seperti ini para anggota kelompok kesulitan berinovasi.

  1. Authoritative Leader

Pemimpin dengan tipe authoritative akan menggerakkan bawahannya pada visi dan tujuan akhir, tapi mempersilakan mereka mencari cara sendiri dalam mencapainya. Tipe pemimpin authoritative cocok untuk kelompok yang sedang membutuhkan visi baru atau ketika bimbingan tidak lagi dibutuhkan oleh para bawahannya.

  1. Affiliative Leader

Beda lagi dengan tipe affiliative, para pemimpina akan menciptakan ikatan emosional antara kelompok di organisasi. Tipe pemimpin affiliative tepat digunakan ketika kondisi stress, saat para anggota mengalami trauma, atau saat perusahaan tersebut harus membangun kepercayaan dengan orang lain. Cara ini tidak boleh digunakan terus-menerus karena akan membiarkan performa mereka yang biasa-biasa saja.

  1. Coaching Leader

Pemimpin dengan tipe ini suka memberikan bimbingan atau contoh tindakan yang seharusnya dilakukan. Dengan cara ini, kekuatan dari para anggota akan semakin berkembang. Tetapi, cara ini sulit digunakan pada bawahan yang melawan atau tidak mau belajar.

  1. Coercive Leader

Tipe pemimpin coercive menginginkan para pawahannya untuk patuh secara langsung. Di saat-saat darurat, ada baiknya menggunakan cara seperti ini. Tetapi jika setiap waktu pemimpin menggunakan cara yang coercive, maka dampaknya akan sangat buruk bagi para anggota.

  1. Democratic Leader

Tipe pemimpin democratic digunakan pemimpin yang mengajak partisipasi dan kesepakatan bawahannya. Cara ini paling efektif untuk menentukan keputusan bersama, atau saat dibutuhkan ide-ide baru dari kelompok secara keseluruhan. Namun lebih baik tidak menggunakan cara ini saat kondisi kritis karena akan memakan banyak waktu.

Itulah 6 tipe pemimpin yang perlu kamu tahu. Nah, semua tipe ini perlu kita pelajari untuk tahu tipe pemimpin mana yang tepat dengan situasi. Manakah yang jadi tipe favorit kamu? Yuk, bagikan di kolom komentar.

 

Oleh: Hana Adiningsih

Sumber: Fast Company

Tags: ,