Logo Geevv

Ini yang Dilakukan Ciro Ortiz untuk Membantu Warga New York

Sunday, 01 Jan 2017 - 18.21 WIB

Semua orang pasti memiliki masalah. Mulai dari masalah pekerjaan hingga hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Ciro Ortiz, yang masih berusia 11 tahun membuka lapak di stasiun kereta bawah tanah New York untuk membantu warga kota tersebut. Kira-kira apa yang dilakukan Ciro?

Lapak Kecil di Kereta Bawah Tanah New York

Ciro Ortiz membuka lapak emotional advice, di sana orang-orang yang melewati stasiun New York dapat menceritakan masalahnya pada Ciro. Lalu, Ciro akan memberikan saran pada siapapun yang berkonsultasi padanya.

Harga yang ditetapkan Ciro adalah $2, atau setara dengan Rp 27.000 untuk satu kali konsultasi. Tentunya, itu lebih murah dibandingkan mendatangi psikolog atau psikiater. Setiap hari, orang-orang mendatangi Ciro Ortiz untuk meminta saran tentang masalah pekerjaan, hubungan, ataupun kebingungan-kebingungan lainnya. Dalam sehari, ia bisa meraih uang sebanyak Rp 700.000.

Lepas dari Bullying

Ciro memulai konsultasinya karena seringkali menjadi tempat berkeluh kesah teman-temannya yang mengalami bullying di sekolah. Masalah bullying memang masih banyak dialami anak-anak usia sekolah. Ciro pun merasa ingin membantu lebih banyak orang lagi. Itulah alasannya membuka lapak emotional advice, ia ingin membantu warga New York menghadapi beban hidupnya.

“Aku hanya mengajak orang-orang untuk menyederhanakan masalahnya,” ujar Ciro.

Setiap hari, ia juga tidak lupa mengajak orang tuanya ikut serta. Uang yang dikumpulkannya dari jasa emotional advice tersebut digunakannya untuk membelikan makanan untuk teman-temannya di sekolah yang kurang beruntung.

Apa saran Ciro untuk kita semua?

“Terima perubahan. Segalanya akan berubah. Dan kita juga harus seperti itu.”

Banyak cara untuk membantu teman-teman kita. Kalau Ciro bisa membantu orang-orang di sekitarnya, bagaimana dengan kita?

Oleh: Hana Adiningsih

Sumber: Brilio, Metro